KESEDERHANAAN YANG DIAJARKAN PRAMUKA MEMBUAT SEMUA TERASA SEMPURNA. DARI PRAMUKALAH KAMI BELAJAR ARTI PENTINGNYA KEBERSAMAAN DAN PERSAUDARAAN. PRAMUKA ITU AKU, KAMU, DAN KITA SEMUA. EMPAT SERANGKAI (WAWAN, RIDWAN, HERU, RODI) PRAMUKA SMA NEGERI 6 MATARAM: Kenaikan Tingkat Bantara

Selasa, 30 Oktober 2012

Kenaikan Tingkat Bantara

 kegiatan kenaikan Tingkat dari Anggota penegak ke Penegak Bantara adalah kegiatan rutinitas setiap setahun sekali di gugus depan kami. berikut beberapa proses dalam kegiatan ini.
1. evaluasi
     kegiatan evaluasi dilakukan untuk mengevaluasi hasil latihan para calon penegak bantara. kegiatan eevaluasi ini kami laksanakan pada malam hari melalui serangkaian kegiatan perjalanan suci. kegiatan ini menjadi salah satu penentu kelayakan calon bantara untuk menjadi bantara yang baru. akan banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh para pembina kepada calon bantara yang harus dijawab secara tegas dan tepat. hal ini untukmelihat swjauh mana kemampuan calon bantara yang baru.
 2. upacara pelantikan
      dalam upacara pelantikan kenaikan tingkat bantara ini, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan:
a. bendera merah putih dan bendera panji
b. TKU bantara
c. air suci

selain itu ada beberapa rangkaian acara yang harus ada:
1. tanya jawab Pembina kepada calon bantara. hal2 yang ditanyakan adalah mengenai kesanggupan untuk dilatik,  kesanggupan untuk tetap menjadi anggota pramuka, dan beberapa pertanyaan lain yang sekiranya merasa penting untuk ditanyakan oleh pembina.
2. kata2 pelantikan oleh pembina
3. pengulangan ucap janji oleh calon bantara

 4. penyematan TKU bantara kepada anggota bantara yang telah sah menjadi anggota penegak bantara yang baru.
itulah beberapa proses penting dalam kegiatan kenakan tingkat bantara.
kegiatan ini adlah kegiatan yang sangat bersejarah dan tidak akan terlupakan, kerena kegiatan ini hanya akan dirasakan sekali seumur hidup. akan banyak kisah menarik, lucu, sedih , dan bahagia dalam kegiatan ini. dari kegiatan inilah akan hadir bantara2 baru yang handal untuk membimbing adik2 anggota penegak yang baru bergabung.

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Wish you all gonna be the scouts who have a skill to help each others. and never stop to Create anythings positive.

    Hope you guys.. Be the winner of Life ^_^

    BalasHapus
  3. Thank you, we are praying hopefully scouts always successful.

    BalasHapus